Selasa, 22 Januari 2019

Mengobati Paruh Ayam Patah Atau Lepas

Paruh ayam bangkok aduan yang patah atau lepas ini tak sanggup dibiarkan begitu saja, harus ada penanganan khusus lebih lanjut. Untuk mengobati paruh ayam petarung yang patah diperlukan cara merawat dan penanganan yang tepat.

Karena kalau tak dilakukan dengan penanganan yang cepat, ayam aduan akan mengalami kesakitan dan tidak jarang berujung pada kematian. Karena itu, simaklah beberapa cara mengobati paruh ayam bangok aduan yang patah / lepas sebagai berikut:


– Pertama dengan cara mengusap bab paruh yang patah tadi dengan air hangat kemudian berikan obat anti inflamasi (bisa Merk Trombophop atau brand yang lainnya). Pemberian obat jangan dilakukan setiap hari, cukup 2 hari sekali saja.

– Kedua, sering mengusap paruh ayam aduan yang patah sesering mungkin dengan memakai air hangat kemudian diolesi dengan kunir atau kapur sirih, sanggup juga dengan bawang putih di pagi dan sore hari. Pengobatan ini sanggup menghilangkan basil pada luka yang terbuka biar tidak terkena infeksi.

– Ketiga, dukungan pakan ayam bangkok aduan yang gampang dicerna serta tidak keras ketika masa penyembuhan.

Selain langkah – langkah pengobatan di atas , ternyata masih ada pengobatan alternatif lain untuk mengobati paruh ayam aduan yang patah, berikut ini ulasannya:

– Cara yang paling cepat untuk mengobati paruh yang patah yaitu dengan mengoleskan belimbing sayur pada bab pangkal patuk (bukan pada bab ujungnya tapi bab pangkal paruh yang erat jengger / pial ayam). Hal ini bertujuan supaya sanggup mempercepat proses pertumbuhan paruh ayam aduan yang baru. Belimbing wuluh mempunyai kadar asam yang tinggi sehingga sanggup merangsang proses pertumbuhan paruh ayam.

– Selain itu ayam diberi makan jagung yang telah direndam air hirau taacuh selama semalam. Selain paruh tidak menjadi kotor, jagung mempunyai banyak kandungan kalsium, yang berfungsi mempercepat pertumbuhan tulang baru.

Kalau menangani paruh ayam yang lepas sanggup dengan cara berikut ini:

– Bersihkan paruh ayam.

– Ambil putih telur kemudian oleskan di paruh.

– Tempelkan paruh yang lepas dengan memakai putih telur ke paruh ayam.

– Untuk hasil yang maskimal, paruh sanggup diikat dengan benang supaya putih telur tadi lebih merekat. Anda harus berhati – hati, kurang lebih 1 – 2 ahad benang gres sanggup dibuka. Cara ini dipakai untuk membantu paruh yang gres tumbuh biar menjadi berpengaruh dan untuk melindungi paruh yang sedang tumbuh alasannya yaitu masih lunak.

– Untuk asupan makanan, sementara ayam diberikan yang lembek / lunak dulu. Contohnya diberi pur + nasi yang masih dalam kondisi hangat. Hasilnya akan lebih optimal kalau rutin dilakukan.

Demikian artikel ihwal cara mengobati paruh ayam patah atau lepas, mohon maaf bilamana ada kesalahan, semoga bermanfaat buat agan.

ADS

Postingan Populer