Rabu, 23 Januari 2019

Cara Cepat Merontokan Bulu Ayam Bangkok

Ada dua alasan dan tujuan merontokkan bulu ayam yaitu merontokkan bulu bulu ayam yang sedang mabung atau dalam bahasa jawa disebut bodol dan juga merontokkan bulu ayam yang belum saatnya mabung dengan tujuan memperbaiki penampilan bahkan dapat juga merubah penampilan ayam menyerupai ayam muda.

Cara cepat merontokkan bulu sangat penting bagi penggemar ayam aduan yang mempunyai bulu-bulu yang rusak parah akhir ayam sering diabar/diadu, alasannya yakni dengan cara yang lebih cepat tersebut maka akan memudahkan perawatan dari ayam aduan tersebut akan lebih cepat tidak hingga berbulan-bulan bahkan mencapai 6 bulan lebih.

Untuk bulu-bula ayam muda jikalau ada sayap yang rusak atau patah sebaiknya jangan dicabut alasannya yakni hal itu akan memperlama proses pertumbuhan bulu alasannya yakni bulu sayap akan tumbuh sekitar 3-4 bulan dan hal ini akan menggagu aktifitas ayam bahkan akan menciptakan ayam akan usang beristirahat alasannya yakni biasanya sayap sayap yang lain akan rontok jikalau terlalu usang ayam beristirahat atau dalam masa menunggu tumbuhnya bulu dari cabutan tersebut. Untuk itu ada dua macam proses untuk mempercepat pertumbuhan bulu ayam.

Berikut cara cepat merontokkan dan menumbuhkan bulu-bulu ayam baik ayam sedang mabung atau ayam muda yang rusak bulunya:


Sebelum melakukan proses perontokan dan penumbuhan bulu ayam tersebut perlu agan persiapkan terlebih dahulu yaitu:

Sebuah sangkar yang berdiameter kurang lebih 1m, terasi, ragi dan penumbuh bulu.

Setelah semua bahan-bahanya sudah siap, terlebih yang harus kita lakukan yakni proses perontokan bulu yang dapat anda simak sebagai berikut:

Proses Perontokan Bulu Ayam

Sebelum ayam dimasukkan dalam sangkar, mandikanlah ayam tersebut dengan ragi(bahan untuk fermentasi) sebagai samponya, kemudian masukkan ayam dalam sangkar yang agan persiapkan dengan cara dibasahi dulu tanah yang ada didalam sangkar tadi dan buat becekan sebasah mungkin untuk daerah ayam beristirahat, lebih cantik lagi jikalau ayam mau mandi ditempat yang becek itu. Kondisi menyerupai itu akan mempunyai kegunaan untuk mempertua dan mempercepat proses perontokan bulu.

Setelah ayam tersebut dimasukkan dalam sangkar yang becek tersebut, jangan lupa ayam dikasih makan terasi (bahan masakan yang biasa dipakai untuk sambal). Makanan tersebut bertujuan menghangatkan badan ayam sehingga proses perontokan akan lebih cepat.

Setelah kedua tahap dilaksanakan, kemudian tutup sangkar tersebut dengan rapat, dapat menggunakan selimut atau dari materi kain lainnya yang sekiranya dapat menghangatkan badan ayam dimalam dan siang hari. Jangan membuka tutup tersebut sebelum 7hari membuka tutup hanya untuk memberi makan saja.

Proses Penumbuhan Bulu Ayam

Setelah tahap perontokan diatas selesai, sehabis 7hari segera tempatkan ayam tersebut dalam sangkar yang terlindung dari sinar matahari dan diberi obat penumbuh bulu dan bukan perontok bulu biasanya saya menggunakan penumbuh bulu yang biasa dipakai orang untuk penumbuh bulu burung. Setelah semuanya final dilaksanakan, maka dalam waktu kurang lebih 1bulan bulu bulu ayam sudah rontok semuanya dan sudah mulai ganti bulu-bulu baru. Adapun proses penumbuhan bulu ayam tersebut dapat berjalan lebih cepat apabila ayam diberi nutrisi yang memadai.

Sekian dari saya artikel wacana tata cara merontokkan bulu ayam bangkok, mohon maaf bila mana ada kesalahan, biar bermanfaat buat agan-agan semuanya.

ADS

Postingan Populer