Sabtu, 17 November 2018

Kelebihan Induk Babon Unggul Dan Induk Babon Cetak Bangkok

Pada kesempatan kali ini aku akan membahas perihal perbedaan ayam unggulan dan ayam cetak, induk ayam aduan atau babon ialah syarat yang wajib supaya menghasilkan keturunan ayam aduanjuara.

Sebagai seorang botoh atau penghobi ayam bangkok aduan maka sebaiknya kita harus mengatahui bagaimana ciri babon ayam yang berkualitas biar kita sanggup menyeleksi bibit-bibit ayam yang berbakat untuk di tarungkan.

Berbicara perihal induk ayam atau babon ayam aduan mempunyai tugas lebih penting dibandingkan dengan pacek (pejantan) ayam aduan. Bisa dibilang berbeda dengan ayam pejantan, induk ayam aduan akan lebih mayoritas mewariskan gen terhadap keturunannya. Pada umumnya terdapat dua jenis babon ayam aduan yang baik untuk dibudidayakan yaitu jenis babon unggul dan babon cetak.

Mengenal Kelebihan Induk Babon Unggul Bangkok

Bisa disebut sesuai dengan namanya, babon unggul ialah babon yang lebih mayoritas dibandingkan dengan pejantan dalam menghasilkan keturunan yang baik.

Dengan kata lain anak ayam akan mayoritas mewarisi keturunan sang induk, baik itu dari segi fisik, stamina, gaya tarung, mental dan pukulan.

Kaprikornus tidaklah heran kalau peternak yang sudah mempunyai nama lebih suka menjual pejantan dibandingkan dengan menjual induk dikarenakan babon yang mereka miliki ialah babon yang sangat unggul.

Pada umumnya para botoh mengenali ciri-ciri khusus babon unggul dengan melihat gaya tarung, ciri fisik, mental dan stamina layaknya menentukan ayam aduan pejantan.

Selanjutnya tidak jarang para botoh melaksanakan tindakan seleksi babon dengan cara mengadu babon dengan babon lainnya. Selain itu ke tarungan atau aduan juga menjadi pola dalam menentukan babon unggul yang berkualitas.

Kelebihan dan kekurangan babon unggul

Kelebihan :
Babon unggul sanggup pribadi dibudidayakan tanpa kawatir buruknya hasil keturunan. Sangat gampang untuk mengenali ciri fisik babon unggul. Struktur fisik dan teknik lebih elok dibandingkan babon cetak.

Kekurangan :
Diperlukan uji tanding untuk menilai babon unggul dan tidak jarang malah babon menjadi rusak. Sangatlah susah untuk mendapat keturunan yang mewarisi gen dari pejantan. Kesimpulannya untuk jenis babon unggul sangat mensugesti keturunan pada ayam. Tidak lah jarang bila babon unggul dikawinkan dengan pejantan yang kurang elok dan juga sanggup menghasilkan anak yang berkualitas.

Mengenal Kelebihan Induk Babon Cetak Bangkok

Untuk melihat ciri khusus babon cetak sanggup dengan cara mengamati hasil keturunan. Jika anak ayam aduan terlihat lebih mayoritas mewarisi sifat sang induk maka induk ayam ialah kategori babon unggul.

Selanjutnya kalau anak ayam terlihat lebih mayoritas mewarisi sifat pejantan maka induk ayam ialah babon cetak. Pada umumnya terdapat 3 (tiga) jenis babon cetak, menyerupai :

Babon cetak fisik & teknik, yaitu menurunkan teknik dan ciri fisik dari pejantan kepada keturunanny.

Babon cetak fisik, yaitu lebih mayoritas menurunkan ciri fisik pejantan kepada keturunannya.

Babon cetak teknik, yaitu lebih mayoritas menuunkan teknik atau gaya tarung dari pejantan (pacek) kepada keturunnanya.

Kelebihan dan Kekurangan Babon Cetak

Kelebihan :
Babon cetak sangat dicari oleh kebanyakan penghobi ayam aduan. Bisa mendapakan keturunan dari ahli yang sudah juara. Ciri fisik dan teknik anak ayam sanggup menyamai pejantan.

Kekurangan :
Harus menunggu sampai keturunan remaja untuk menyimpulkan seekor babon cetak atau bukan. Sangat susah untuk mengenali ciri babon cetak yang bahwasanya dan tidak sanggup hanya dilihat dari ciri fisik. Perlu adanya uji keturunan yang membutuhkan waktu panjang sampai para peternak sanggup mengenali babon cetak dan mengambil kesimpulan.
Kesimpulannya bahwa yang berjulukan babon cetak sangat sulit ditemukan, selanjutnya tidak jarang para peternak melaksanakan uji keturunan dan memakan waktu cukup usang yang jadinya tidak sesuai dengan harapan.

Untuk itu Anda harus lebih teliti ketika menentukan induk yang akan dipakai untuk melaksanakan ternak ayam bangkok aduan.

Demikian dari saya, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berkhasiat buat agan.

ADS

Postingan Populer